Kamis, 18 April 2013

Pengertian Kekurangan dan Kelebihan Topologi Bus

Asalamualaikum Wr. Wb

Buat posting kali ini saya akan menjelaskan mengenai kekurangan dan kelebihan topolgi bus.  Sebenarnya TOPOLOGI itu apa sih ???? nahh blum tau simak penjelasan berikut ini.....
Topologi  adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang yang lain/komputer lain sehingga membentuk Jaringan.
Nahh itu dia pengertian dari Topoloagi. Pada era sekarang ini jenis topologi yang banyak di gunakan ada sekitar 5 jenis Topologi, Antara lain Topoloagi Bus, Topologi Star, Topologi Token Ring/cincin, Topologi Mesh, Topologi Hynrid. Nahh gimana tuhh banyakkan jenis dati topologi jaringan.. untuk kesempatan kali ini saya hanya akan menerangkan mengenai Topologi Bus. Ya udah kita masuk ke pembahasan yukkk....
Kekurangan dan Kelebihan Topologi Bus

Topologi Bus

 Pada Topologi bus di gunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server di hubungkan. Denagan topologi ini komputer di hubungkan secara berantai (daisy-chain) dengan perantara suatu kabel yang pada umumnya berupa kabel Tunggal jenis Coaxial. Ujung-ujung dari kabel coaxsial harus di tutup dengan tahanan (Terminator resistor) untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.
Ujung kabel yang ke komputer menggunakan konektor BNC. Pada setiap network adapter ( LAN Card) di pasang konektor BNC tipe T yang bercabang.  Kabel Coaxial tersebut di hubungkan dengan satu dengan yang lainnya dengan konektor ini.
 
Karakteristik Topologi Bus 
Merupakan satu kabel yang kedua ujungnya di tutup dan sepanjang kabel terdapat node-node
Paling Sederhana dalam Instalasi'
Signal melewati dua arah denagan satu kabel memungkinkan terjadi Collision (Tabrakan data atau tercampurnya data).
Permasalahan terbesar jika terjadi putus tau longgar pada salah satu konektor maka seluruh jaringan akan berhenti/terganggu
Topologi Bus adalah jalur transmisi si mana signal di terima dan dikirim pada setiap alat/device yang tersambung pada satu garis lurus (kabel). signal hanya akan di tangkap oleh alat yang di tuju, sedangkan   alat lain yang bukan tujuan akan mengabaikan signal terebut/ hanya di lewati signal.
Udah tau kan sekarang tentang Topologi Bus dan Karakteristiknya.. Sekarang giliran Kekurangan dan Kelebihannya.. Mari kita simak.
Kelebihan Topologi Bus
Hemat kabel , pastinya kan hanya mengunakan 1 kabel tunggal.
Layout kabel sederhana, karena hanya sejalur saja. Artinya lurus tinggal  kalo mau nambah atau megurangi workstation nga bingung mau di taruh di mana.
Pengembangan jaringan atau penambahan workstation  baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggangu workstation yang lain.
Kekurangan Topologi Bus
Deteksi dan Isolasi kesalahan sangat kecil.
Kepadatan lalulintas pada jalur utama.
Kelemahan dari topologi ini adalah apabila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami ganguan.
Di perlukan Repeater untuk jarak Jauh.

Udah tuh kelebihan sama kekurangan Topologi Bus,... Gimana?? udah tau kan. !!! pastinya donk.. Okedahh sekian dulu yaa dari saya ... semoga apa yang saya berikan dapat bermanfaat buat kalian semua... Bila ada kata kata yang kurang pas ataupun keliru saya peribadi Memohon Maaf yang sebesar -besarnya... Akhir kara Asalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar