A. BELAJAR
Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan
perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas
tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan,
pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi belajar menurut beberapa ahli :
Berikut ini adalah pengertian dan definisi belajar menurut beberapa ahli :
1. ERNEST H. HILGARD
Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu
Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu
2. NOTOATMODJO
Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup
Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup
3. CRONBACH
Belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya
Belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya
4. WHITERINGTON
Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap
Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap
5. AHMADI A.
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia
Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia
6. OEMAR H.
Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan
Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan
7. NASUTION
Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan
Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan
8. NOEHI NASUTION
Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.
Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal.
9. SNELBECKER
Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal
Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal
10. WINKEL
Belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap
Belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap
B.
MENGAJAR
Mengajar adalah segala upaya yang disengaja dalam rangka memberi
kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar mengajar sesuai dengan
tujuan yang telah dirumuskan. Rumusan pengertian diatas sejalan dengan
pandangan William H Burton, yang mengatakan bahwa: mengajar adalah upaya dalam
memberi rangsangan (stimulus), bimbingan, pengarahan dan dorongan kepada siswa
agar terjadi proes belajar.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi mengajar menurut beberapa ahli :
1. Nana Sujana
Mengajar adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mngajar atau
mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasikan
lingkungan dalam hubunganya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang
menimbulkan terjadinya proses belajar mengajar.
2. H. M. Arifin
Pengertian mengajar sebagai suatu kegiatan menyampaikan bahan pelajaran
kapada pelajar agar dapat menerima, menanggapi, dan mengembangkan bahan
pelajaran itu.
3. Biggs (1991)
Seorang pakar psikologi kognitif masa kini, membagi konsep mengajar menjadi
tiga yaitu:
a. Dalam pengertian kuntitatif , mengajar berarti "the transmission of
knowledge" yakni penularan pengetahuan dalam hal ini guru hanya perlu
menguasai pengetahuan bidang studinya dan menyampaikan kepada muridnya dengan
sebaik-baiknya.
b. Dalam pengertian insitusional mengajar berarti " the efficient
orchestraton of teching skill” , yakni penataan segala kemampuan mengajar
secara efisien dalam pengertian ini guru dituntut untuk selalu siap mengadaptasikan
berbagai teknik pengajaran untuk bermacam-macam siswa yang berbeda bakat,
kemampuan, dan kebutuhan.
c. Pengertian kuantitatif mengajar yaitu “the fasilitation of learning” yakni
upaya membantu memudahkan kgiatan belajar siswa.
Dari keseluruhan pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa mengajar
pada asasnya adalah kegiatan mengembangkan seluruh potensi ranah psikologi baik
afektif, psikomotorik dan kognitf melalui penataan lingkungan sebaik-baiknya
dan menghubungkannya kepada siswa agar terjadi proses belajar. Baca juga cerita 18++ ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar